Friday, September 26, 2008

Reminder MFM#19 Pudding

Sekedar mengingatkan.... 5 hari lagi (termasuk hari ini) MFM# 19 akan berakhir... ayooo.... yang belum ngumpulin cepetan kumpulin pe ernya

Yang belum tahu apa itu MFM#19...klik ke sini ya...

Ditunggu ya...

Friday, September 12, 2008

MFM#19: Black Forest Puding


Description:
Sebetulnya pudingnya sendiri sudah lama buatnya, tapi...sekalian saja diposting untuk entry MFM#19 yang hostnya adalah...saya sendiri tentunya 
Ini adalah satu kreasi coba-coba dari dapur ibutio....korbannya adalah Molly...(maapkan Molly....dirimu selalu dijadikan kelinci percobaan)
Mirip sih...sama black forest...pake cake coklat, pake dark cherry, tapi ditambahkan lapisan puding coklat di atasnya.
Rasanya? tanya Molly aja deh.....



Ingredients:
cake:
2 butir telur
50 gr gula pasir
30 gr terigu
20 gr maizena
10 gr coklat bubuk
50 gr mentega leleh

Puding
2 butir telur, pisahkan putih telur dan kuningnya
500 ml susu cair
1 bungkus agar-agar putih
75 gr dark cooking coklat, cincang kasar
1 sm coklat bubuk, larutkan dalam 50 ml susu
150 gr gula pasir
1/2 kaleng dark cherry, tiriskan

topping:
whipped cream, kocok
cherry merah
coklat serut


Directions:
Cake:
Ayak terigu, maizena dan coklat bubuk.
Kocok telur dan gula hingga mengental, masukkan campuran tepung dan tambahkan mentega leleh, aduk rata.
Tuang ke dalam loyang ukuran 22 cm, panggang hingga matang, segera keluarkan dari loyang, dinginkan.

Puding coklat:
Rebus susu, agar-agar, gula dan larutan coklat, didihkan. Ambil sedikit adonan panas, campurkan dengan kuning telur, aduk rata.
Masukkan adonan kuning telur ke dalam rebusan susu, aduk rata, didihkan kembali, matikan api, tambahkan dark cooking chocolte,aduk-aduk hingga coklat meleleh sempurna.
Di tempat lain, kocok putih telur hingga kaku, masukkan larutan agar-agar, kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.

Cara menyusun:
Taruh cake dalam loyang bongkar pasang (bisa juga dililit mika biasa), susun dark cherry di atasnya, tuang dengan adonan puding, biarkan hingga beku.
Setelah beku, keluarkan dari cetakan, hias dengan whipped cream, cherry merah dan serutan coklat, sajikan dingin.


Labels:

Thursday, September 04, 2008

Strawberry Crispy Cookies


Description:
Kue ini mirip banget sama cheese buttonya mbak Femy yang terkenal itu, cuma berasa strawberry. Cuma, bikinnya jadi rada ribet dikit. Hasilnya enak sih, renyah, tapi jadinya kuenya terasa rapuh karena si glasirnya keras banget.

Ingredients:
50 gr margarin
100 gr butter
50 gr icing sugar
2 kuning telur
250 gr tepung terigu protein rendah
5 gr maizena
10 gr vanila essence
5 gr garam
65 gr almon bubuk
1 st pasta strawberry

Glasir:
1 putih telur
125 gr icing sugar
2 gr cream of tartar
25 gr strawberry jelly/selai strawberry

Directions:
1. Aduk mentega, margarine, gula hingga rata, tambahkan kuning telur.
2. Masukkan terigu yang sudah dicampur bahan kering lain, aduk rata.
3. Tipiskan adonan setebal 3 mm, rapikan tepinya
4. Siapkan adonan glasir dengan mengocok semua bahan hingga kaku.
5. Oles permukaan adonan dengan glasir, beri garis-garis dengan selai, potong-potong sesuai selera.
6. Susun adonan di atas loyan, panggang dengan suhu 150 C selama 30-40 menit hingga kering.

Labels:

Coconut Rice Flour Cookies


Description:
Variasi kue kering pake tepung beras. Renyah sih, tapi....rasanya jadi mirip sagon

Ingredients:
50 gr margarin
100 gr butter
200 gr icing sugar
40 gr kuning telur
125 gr kelapa parut kering (desicated coconut)
20 gr wijen hitam
130 gr tepung beras
5 gr tepung maizena
3 gr garam
8 gr essence vanila cair

Directions:
1. Kocok margarine, mentega, gula dan kuning telur hingga rata. Di tempat lain campur bahan kering, aduk rata.
2. Campurkan bahan kering ke dalam kocokan mentega, aduk rata.
3. Bentuk memanjang, panggang dalam oven suhu 170 C selama 25-35 menit. Angkat, dinginkan.
4. Hiasi dengan coklat cair.

Labels:

Fantasi Cookies


Description:
Masih dari acaranya demo kuker Prambanan Kencana. Terus terang, pas nyoba, rada kecewa, soalnya rasanya biasa aja. Standar kue kering mentega, tapi kalo rajin sih, menarik juga buat dijual, karena bentuknya yang lucu.

Ingredients:
125 gr butter
125 gr margarin
100 gr icing sugar
1 kuning telur
100 gr tepung beras
20 gr susu bubuk
180 gr tepung terigu protein rendah


Directions:
1. Kocok margarin, mentega dan gula hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur, aduk.
2. Ayak tepung, masukkan ke dalam adonan mentega, aduk rata.
3. Bagi adonan menjadi dua, satu bagian diberi pewarna hijau, satu bagian diberi warna kuning.
4. Tumpuk adonan dan beri goresan atasnya hingga berbentuk seperti jagung
5. Panggang dalam oven suhu 150C selama 20-30 menit hingga matang.

Croquant Cat Tongue


Description:
Resep dari demo di Prambanan Kencana beberapa waktu yang lalu. Variasi dari lidah kucing, tapi lebih renyah dan gurih karena dikasih croquant atau kalo di sini sih sejenis enting-enting. Croquant yang dipake di sini, tentu saja produk keluaran Prambanan Kencana...coba cari aja di toko bahan kue, kalo gak ada cobalah membuat sendiri dari caramel yang dikasih almod panggang, yang dihancurkan kasar setelah mengeras. Haa..ribet kan... kalo susah mah...beli jadi aja

Ingredients:
200 ml putih telur
2 gr cream of tartar
100 gr margarin
200 gr butter
200 gr icing sugar
1 kuning telur
300 gr tepung terigu protein rendah
5 gr baking powder
150 gr croquant flake siap pakai (sejenis enting-enting)


Directions:
1. Kocok putih telur dan cream of tartar hingga mengembang, ditempat lain kocok mentega, margarin dan gula selama 1 menit, masukkan kuning telur, kocok lagi.
2. Tambahkan bahan kering pada adonan mentega, campur dengan putih telur, aduk rata.
3. Masukkan adonan dalam pipping bag, semprotkan di atas loyang lidah kucing, hias dengan almond slice dan coklat chip.
4. Panggang dalam oven suhu 160 C selama 20 menit hingga matang.

Labels: