Tantangan kali ini terasa seru bukan karena resepnya yang sulit dikerjakan atau bahannya yang sulit diperoleh, tapi lebih ke masalah teknis....yaitu....tidak ada kamera

Lah....tantangan KBB kan harus seluruhnya diabadikan step-by-step hingga hasil akhir, makanya kalo gak ada kamera repot banget.

Maka....dengan susah payah saya menggauli kamera ponsel supaya gambar yang dihasilkan tidak jelek-jelek amat. Apakah masalah sudah selesai? oh...tidak....karena saya kesulitan untuk mengeluarkan gambar dari ponsel.....hihihi....karena ternyata gak punya card reader, jadi...ah...pokoknya kirim sana kirim sini, jadilah si foto berhasil keluar dan dipajang di sini.

Lho....kok malah curhat soal kamera...baiklah...mari kita bahas soal tantangan kali ini.

Tantangan kali ini adalah membuat dessert berupa custard caramel yang dipadukan dengan biscuit shortbread renyah dengan aroma mint dipadukan denganbiji vanila yang tersebar di seluruh kue.

Untuk mendapatkan vanila segar batangan ini cukup seru, karena di milis KBB dihebohkan dengan sulitnya mendapatkan si vanila batangan, dan kalaupun ada harganya mahal....eh....sudah bertanya ke tempat jauh....ternyata...di Toko Bahan Kue dekat rumah, si batang vanila ini tersedia banyak dengan harga murah pula

Baiklah...sebelum meracau yang tidak jelas, mari kita mulai membuat caramel potnya.

Bahannya tidak sulit diperoleh, hanya susu, krim kental, telur, dan gula serta sedikit air untuk caramelnya.
Untuk membuat karamelnya...seperti sudah dibahas di milis....sempet deg-degan karena memang betul...setelah air dicampur gula diaduk-aduk pake whisker jadinya sempat seperti mengkristal gitu...tapi tetap sabar mengaduk-aduk, ternyata dia lama-lama mencair dan menyoklat (hehehe....bahasa apa ini) dan...jadilah karamel yang tumben gak gosong.

Langsung dituang krim bercampur susu hangat, aduk-aduk lagi hinggal larut semua, lalu didinginkan, kemudian kuning telur kocok dimasukkan dan adonan siap tuang ke cup alumunium (berhubung ramekin saya entah disimpan dimana)

Dipanggang dengan cara au bain marie, lalu sambil menanti matang, segera membuat shortbreadnya.

Semua bahan shortbread diaduk rata, dibentuk dan dipanggang, biskuit ini renyaaaahhhh sekali hasilnya.

Dan....inilah hasilnya....Caramel Pots with Minted Shortbread Sticks.
Resepnya di sini ya ....mmm...biskuit renyah dicolek-colek dengan caramel....mmm

Tak sabar menanti tantangan berikutnya