Tantangan KBB kali ini adalah....Roti. Dapat ilmu baru lagi karena resepnya memakai cara hotel, yaitu dengan cara bakers percentage, alias pake formula dengan persentase bahan, lebih mudah untuk memperkecil atau memperbesar ukuran bahan sesuai kebutuhan. Kelihatannya ribet, harus pake kalkulator, tapi ternyata tidak juga sih.....hanya tinggal dikalikan saja dengan berat tepung yang dipakai. Berhubung terigunya sudah terpakai untuk bikin kue, jadi hanya memakai 200 gram saja, untuk jumlah bahan lain, semua dikalikan 200 gram.

Berikut resep dan langkah-langkah pembuatannya.

Bahan

Baker’s Percentage(%)

Tepung terigu protein tinggi

100

garam

1.8

gula

7.7

susu bubuk

6.2

Iragi instant

1

 telur, kocok dalam suhu ruangan

7.7

mentega, suhu ruangan

7.7

air

62.8



Campur tepung, garam, susu bubuk, gula dan ragi di dalam mangkuk dengan volume 4 quart (atau gunakan mangkuk mixer). Tuangkan telur, mentega dan air, aduk dengan sendok metal yang besar  hingga tepung tercampur rata dengan bahan cair tadi dan adonan membentuk bulatan bola.

Taburkan tepung ke atas meja kerja, letakkan adonan di atasnya, dan mulai menguleni , tambahkan tepung jika perlu, untuk menghasilkan adonan yang lunak, fleksibel, dan tacky (sudah licin dan kering) tapi tidak lengket. Lanjutkan menguleni  selama 6-8 menit.

 Adonan harus lulus windowpane test (tes elastisitas adonan dengan mengambil sedikit bagian adonan dan dipentangkan di depan jendela/cahaya) dan bersuhu 80F.

Siapkan mangkuk besar, olesi minyak tipis saja, letakkan adonan ke dalam mangkuk, gulingkan ke sisi-sisi mangkuk untuk melumasi adonan dengan minyak. Tutup mangkuk dengan plastik.

Biarkan adonan mengembang dalam suhu ruang selama 1.5 hingga 2 jam, atau hingga adonan mengembang dua kali lipat (durasi waktu pengembangan adonan bergantung kepada suhu ruangan tersebut).

Keluarkan adonan dari mangkuk dan bagi dua buah ukuran roti sandwich, menjadi 18 x 2ons dinner rolls, atau 12 x 3ons burger atau hot dog buns (saya pilih dibuat dinner rolls)  Lembabkan adonan dengan spray oil tipis-tipis saja dan tutup dengan serbet dapur atau plastik. Biarkan selama 20 menit.

Panaskan oven 350F untuk loaves atau 400F untuk rolls dan buns. Olesi rolls atau buns dengan egg wash  (saya pakai kuning telur saja) dan hiasi dengan poppy atau sesame seeds, tapi berhubung biji wijen yang sudah dipersiapkan terselip entah dimana, jadi dibuat polos saja

Panggang rolls dan buns selama kurleb 15 menit, atau hingga kuning kecoklatan dan bersuhu sedikit lebih tinggi dari 180F di tengahnya.

Hasilnya......roti yang empuuuukkkkk enak banget dimakan hangat sambil dicolek dengan keju oleh-oleh dari Mesir

Jadi lulus kan? Tantangan#15.......aku datang.


catatan tambahan : berhubung kamera yang rusak belum ada gantinya, jadi pakai kamera seadanya......dan tanpa tripod, maka beberapa foto adalah hasil jepretan asisten tukang roti alias Tio