Horeee....tugas KBB  terakhir tahun ini. Menyambut natal kali ini, maka tantangannya adalah membuat roti natal ala Itali yaitu Panettone. Sebenernya sih beberapa kontak saya di MP ini sudah pernah posting resep Panettone ini, tapi belum tergerak sekali pun untuk membuatnya di dapur sendiri. Itulah kelebihan bergabung dengan KBB, dipaksa manggang yang tidak pernah kepikiran buat dipanggang 

Ternyata si Panettone ini ada sejarahnya lho, roti ini pertama kali dibuat di Milan sekitar tahun 1490an, diisi buah-buahan mungil bak permata seperti citrus dan raisin (tapi biar tambah berwarna, saya tambahkan ceri merah dan hijau juga).  Roti ini kemudian secara cepat menyebar ke seantero Italia, dari pegunungan Alpen di Utara, hingga ke Sisilia di Selatan.

Biar seru, ada legenda di balik panettone ini, kisah yang paling populer adalah cerita tentang bangsawan muda yang jatuh cinta kepada seorang anak perempuan seorang chef pastry bernama Toni. Untuk memberi kesan kepada ayah dari perempuan yang dia cintai, pemuda tersebut menyamar menjadi chef pastry junior yang sedang magang, yang lalu menciptakan roti berbentuk kubah (dome) yang manis dengan rasa khas. Roti rasa baru ini laku keras, orang berbondong-bondong antri di toko roti tersebut untuk membeli roti pan de Toni yang lalu terdengar jadi panettone

Berikut resep dan step by stepnya :

Sumber: The Worldwide Gourmet

Bahan :

1 bungkus ragi instant

1/4 cup gula 

6 sm susu hangat

6 kuning telur

1 buah lemon, diparut kulitnya

sejumput garam

2-3 cup tepung

6 sm sukade/manisan buah dipotong dadu kecil

100 gr mentega (+2 st untuk olesan)

4 st sultana

4st kismis --->versi saya : ditambahkan kepingan almond

1 st vanilla

 

Cara membuatnya :

Taburkan 1 st gula pasir dan ragi bubuk ke dalam susu hangat dan biarkan selama 3 menit; aduk dan simpan di tempat yang hangat (misalnya di dalam oven yang baru dimatikan) hingga adonan mengembang dua kali lipat, selama kurang lebih 5 menit.

  

Tuangkan adonan ragi ke dalam mangkuk, tambahkan kuning telur, vanila, parutan kulit lemon, garam dan sisa gula. Tambahkan 2 cup tepung terigu secara bertahap hingga konsistensi adonan menjadi lembut dan mudah dibentuk menjadi bola. Tambahkan mentega secara bertahap, dan aduk hingga adonan menjadi lembut dan elastis

tambahkan sisa tepung hinggal adonan menjadi kokoh dan lembut tapi tidak lengket; tempatkan bola adonan di permukaan yang ditaburi tepung, uleni selama kurang lebih 10 menit. Ketika adonan sudah lembut, letakkan di atas mangkuk; taburi dengan sedikit tepung, tutup dengan serbet dan taruh di tempat hangat selama kurang lebih 45 menit hingga mengembang dua kali lipat.

Tinju adonan perlahan, dan keluarkan dari mangkuk, tambahkan buah kering dan uleni hingga buah tercampur rata, tapi jangan diuleni berlebihan.

Alasi loyang roti besar dengan kertas coklat yang sudah diolesi mentega, letakkan adonan di atasnya, dan beri keratan di atasnya (saya pilih pakai loyang panettone mini yang banyak dijual di toko, satu loyang kecil berisi kurang lebih 70 gr adonan)

 

 tutup dengan kertas roti dan biarkan mengembang lagi di tempat hangat selama 15 menit.

Lepaskan kertas roti; oles permukaannya dengan mentega

Panggang dalam oven bersuhu  200°C (400° F); letakkan di rak tengah, panggang selama 10 menit. Turunkan suhu oven menjadi 160° C (350° F)  dan lanjutkan memanggang hingga 30-40 menit, olesi lagi dengan mentega; angkat roti saat permukaannya berubah keemasan dan renyah.

  

Ini dia.....Panettone cantik yang permukaannya berwarna keemasan dan memang renyah....nyam...nyam rotinya lembut, dengan aroma lemon dan berasa segar buah-buahan.

Menurut ibu-ibu host yang cantik, Mbak Else dan Mbak Lina, saya lulus....