Tantangan KBB kali ini beneran membuat saya menari-nari senang....karena....bikinnya mudah.
Bukan menggampangkan lho...tapi karena tidak perlu mikser dan proses rumit seperti waktu bikin pizza atau banoffee pie kemarin itu, sekarang tinggal aduk-aduk saja, langsung panggang.
Tapi harga bahannya itu lho....untuk ukuran Indonesia, harga bahan untuk materi KBB kali ini memang cukup tinggi. Tapi...sebanding dengan hasilnya.

Baiklah, sebelum melantur mengenai harga bahan kue yang terus merangkak naik, ini dia bahan - bahan yang diperlukan untuk tantangan membuat Cheese Biscuit (Sumber: Vogue Australia: Wine and Food Cookbook)

225g keju tua parut (saya pakai jenis parmesan), 125 g mentega (unsalted tentunya supaya tidak asin), 125g tepung terigu, cayenne pepper (saya pake cabe bubuk, hanya 1/2 st saja), biji wijen (saya pake 2 macam wijen)
Hmm...menarik kan...ada penggunaan chayene pepper di situ. Seru juga ya...biskuit keju yang asin gurih berasa sedikit pedas.

Cara membuatnya juga mudah.
Campur keju, mentega, tepung dan cayenne pepper bersama (remas) menggunakan ujung jari sampai tercampur rata dan adonan menyatu membentuk gumpalan.

Siapkan loyang biskuit yang diolesi mentega. Bulatkan adonan kecil-kecil. Gulingkan beberapa bulatan ke biji wijen dan tekan-tekan di atas loyang dengan jarak yang agak lebar karena biskuit ini akan meleber saat dipanggang.
Sebagai variasi, saya tambahkan juga almond untuk taburannya.

Panggang biskuit dalam oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu dengan suhu 180C selama 15 menit (ini menurut resep asli). Tapi untuk oven saya, terpaksa suhu saya turunkan dan waktu pemanggangan dibuat lebih lama, supaya biskuitnya menjadi lebih renyah. Angkat, simpan di dalam wadah kedap udara.

Inilah hasilnya....Cheese Biscuit.

Hasilnya renyah dan gurih, ada sedikit pedas (tapi saya juga buat yang tidak diberi bubuk cabe), dengan tambahan rasa wijen yang gurih.
Dari 2 macam (pake cabe dan tidak), saya lebih suka yang sedikit pedas dengan taburan almond cincang...gurihnya lebih terasa daripada yang dibalut wijen.

Yang pasti...Tio sukaaa sekali....satu resep langsung habis dalam sehari saja

KBB#6 Lulus!

Terima kasih buat Regina dan Swi yang jadi hostnya.

Uh...tidak sabar menanti tantangan selanjutnya.