Hai Multipliers…

Tak terasa hari ini sudah masuk bulan September, yang berarti…. tantangan MFM yang baru.

Terima kasih kepada mbak Ienas yang sukses dengan MFM#18 Hidangan dari Tepungnya, hasilnya bisa dilihat di sini, terima kasih juga atas kepercayaannya memberikan tongkat estafet MFM pada saya.

MFM sendiri adalah ajang “arisan” atau potluck virtual bulanan yang digagas oleh mbak Peppy dan mbak Lisa, siapa pun MPers boleh ikut, langsung setor kepada host berupa resep dan hasilnya….dalam bentuk foto tentunya.

Perjalanan MFM dapat dilihat pada daftar berikut:

MFM #1 : Tart & Pies  oleh Pepy
MFM #2 : Chicken Dish oleh Lisa
MFM #3 : Noodles & Pasta oleh Irma
MFM #4 : Chocolate oleh Nining
MFM #5 : Dumplings oleh Stella
MFM #6 : Cheese oleh Ine DW
MFM #7 : Rice oleh Yami
MFM #8 : Jagung, oleh Haley
MFM #9 : Potato oleh Nana
MFM #10 : Seafood oleh Sefa
MFM #11: Beans & Nuts oleh Sulis
MFM #12: Eggs oleh Yeni
MFM #13: Banana oleh Fitri
MFM #14: Red Meat oleh Esti
MFM #15: Sweet & Savoury Snacks oleh Lintang

MFM # 16: Soup oleh Vin Wong
MFM# 17: Sayuran Hijau oleh Dyah
MFM#18: Flour oleh Ienas


Nah…karena MFM kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan maka tema kali ini tentu saja tidak jauh-jauh dengan hidangan manis yang mungkin akan cocok digunakan untuk hidangan berbuka, yaitu Pudding.

Menurut mbak Wiki(pedia)….Pudding biasa dianggap sebagai dessert atau hidangan penutup, tapi bisa juga dianggap sebagai hidangan sepinggan.

Pudding di beberapa negara Eropa di abad pertengahan bisa berarti hidangan sepinggan yang berdaging, tapi di Inggris dan beberapa Negara persemakmuran, pudding mengacu pada hidangan penutup atau dessert.

Ada dua jenis pudding, jenis yang dipanggang, direbus atau dikukus, biasa dikenal dengan istilah pudding panas, dan jenis lainnya adalah jenis creamy pudding yang biasa dihidangkan dingin (meskipun ada jenis seperti rice pudding yang disajikan hangat).

Jenis puding panas biasanya terbuat dari biji-bijian yang di "ikat" atau dikentalkan dengan bantuan tepung, mentega, telur, dan bahan pengental lain (malah menurut Wikipedia, juga menggunakan blood), kemudian dimasak dengan cara dipanggang, dikukus atau direbus.

Jenis puding lain, creamy pudding, yang lebih banyak dikenal banyak orang. Creamy pudding terbuat dari gula dan susu yang dikentalkan dengan telur, tepung, atau gelatin. Selain itu juga ditambahkan buah-buahan untuk memperkaya aroma dan menyegarkan. Kadang puding juga divariasikan dengan cake, biskuit atau bahan lain yang memperkaya rasanya dan teksturnya.

Trus bagaimana dengan di Indonesia? Kalo di sini puding biasa disamakan dengan agar-agar atau jelly. Bahkan saat ini sedang marak jelly yang terbuat dari umbi konjak atau dikenal dengan jelly konyaku.

Tapi apapun sebutannya, semua orang pasti suka dengan puding, karena manis, segar dan beberapa ada yang gurih.

Nah...setelah mengenal sekilas tentang pudding, silakan mulai berkreasi dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah masing-masing.....mudah bukan?

Semoga resep-resep yang diikutsertakan pada MFM kali ini dapat memberi inspirasi dalam menyiapkan hidangan berbuka untuk keluarga

Persyaratannya masih sama dengan yang sudah - sudah:
1. Tiap peserta hanya mengirimkan satu jenis masakan saja (harus diposting di MP masing-masing di bulan September dan belum pernah diposting sebelumnya).
2. Batas akhir pengiriman adalah tanggal 30 September 2008.
3. Kirimkan entry ke alamat email: ibutio@gmail.com Jangan lupa mencantumkan:
   - nama masakan
   - link masakan yang diposting
   - foto masakan berukuran 75x75 pixel
   - tuliskan MFM #19: Nama Masakan di kolom Subject,
 4. Mohon disetting untuk umum (for everyone)

Sertakan logo MFM#19 serta link ke halaman ini juga ya...

Oh ya, yang belum pernah ikut MFM, mbak Ienas berbaik hati membuat rangkuman kecil mengenai MFM for dummies

Selamat Berkreasi dan....Selamat Menjalankan Ibadah Puasa, Mohon Maaf Lahir dan Batin